daun tembakau

Soal Tembakau dan Kesehatan, Indonesia Perlu Belajar dari Kuba

Ada beberapa negara di dunia yang memiliki kepentingan terhadap industri tembakau. Selain Indonesia, salah satu yang paling berkepentingan tentu saja adalah Kuba. Negara kecil di Kepulauan Karibia ini memiliki produk tembakau yang terkenal seantero dunia, yakni Cerutu Kuba.

Jika kalian pernah melihat gambar Fidel Castro atau Che Guevarra sedang merokok, pastilah yang diisap adalah cerutu Kuba. Bahkan dulu, sesaat sebelum Amerika Serikat mengembargo perdagangan Kuba, Presiden John F Kennedy menyempatkan diri membeli 1.200 batang cerutu Kuba. Setelahnya, barulah embargo atas Kuba dijalankan AS.

Kuba memang hanya negara kecil di dunia. Namun, oleh dunia juga Kuba diakui dalam dua hal; pertama soal kesehatan, kedua ya soal tembakau. Asal tahu saja, tembakau dari Kuba adalah salah satu yang terbaik untuk produksi cerutu. Sayangnya, industri tembakau di Kuba mendapatkan banyak ancaman, salah satunya adalah embargo produk Cerutu Kuba oleh Amerika.

Namun, pemerintah Kuba menyadari potensi ekonomi dan sosial yang terdapat pada cerutu. Karena itu pangsa pasar cerutu dialihkan ke Eropa dan membuat industri tembakau di Kuba terus berkembang.

Di bidang kesehatan, Kuba juga diakui salah satu negara terbaik. Kuba menjadi salah satu negara yang rajin mengekspor bantuan kemanusiaan ke berbagai belahan dunia. Kemapanan sistem kesehatan Kuba memang tercipta berkat kebijakan pendidikan gratis untuk calon dokter. Bahkan, di sana terdapat sekolah khusus dokter yang memberi beasiswa bagi calon dokter dari seluruh dunia.orang merokok

Soal biaya kesehatan, Kuba menjamin semua warganya untuk mendapatkan pengobatan cuma-cuma. Meski kekayaan alam Kuba tak sebanyak Indonesia, mereka mampu memaksimalkan luas wilayah yang tak seberapa untuk kepentingan masyarakatnya. Tentu saja, industri tembakau adalah salah satu sumber devisa Kuba yang memberi jaminan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Terkait tembakau dan kesehatan, Indonesia perlu belajar dari Kuba yang mampu membuat dua hal bertentangan menjadi suatu kekuatan yang diakui dunia. Memantapkan Industri nasional demi menjamin kesejahteraan masyarakat, salah satunya di bidang kesehatan. Dua hal yang selalu bertentangan di Indonesia.

Category : Artikel
Tags :