Tangguhnya Industri Rokok Nasional

Industri rokok kretek, merupakan sokoguru dalam industri nasional. Dalam sejarahnya, industri kretek pernah mendapat rintangan berupa aturan perpajakan yang rumit, tinggi, dan diskriminatif pada era kolonial. Namun kondisi itu justru membuat tumbuhnya semangat nasionalisme di antara pelaku industri rokok kretek nasional. Semangat yang sama kita ketahui bersama, telah membawa bangsa ini pada gerbang kemerdekaan.

Pengalaman paling sahih dari ketangguhan industri rokok kretek nasional terjadi pada paruh kedua 1990-an, ketika negara-negara Asia Timur dan Tenggara dihantam badai krisis moneter. Ketika itu nilai tukar rupiah anjlok hingga 800 persen, banyak industri yang bergantung pada bahan baku impor harus ambruk dan gulung tikar.

Pemandangan sebaliknya terjadi pada industri rokok kretek nasional. Industri ini mampu bertahan dengan gagah, karena kebutuhan impornya yang rendah (paling banyak sekitar 5 persen). Hal ini membuatnya kebal dengan gejolak ekonomi nasional. Sekaligus menjadikan rokok, sebagai salah satu benteng perekonomian nasional Indonesia.

Rokok
Rokok