orang merokok

Terbukti, Kenaikan Cukai Rokok Meningkatkan Peredaran Tembakau Ilegal

Meningkatnya tarif cukai yang terjadi setiap tahun berdampak pada bermunculannya tembakau-tembakau ilegal. Tembakau yang dipasarkan tanpa membayar cukai tersebut dijual bebas di pasaran. Bahkan. Penjualannya telah merambah ke perkotaan.

tembakau

Dalam sidak yang dilakukan oleh Dirjen Bea dan Cukai (DJBC) Jabar dari 15 Mei hingga 10 Juni 2017, petugas mendapatkan tembakau jenis iris sebanyak 701.300 gram yang dijual tanpa cukai.

orang merokok

Dalam pantauan DJBC Jabar, saat ini tembakau-tembakau ilegal tersebut sudah tidak lagi tekonsentrasi di wilayah pinggiran, melainkan juga di perkotaan. Kepala DJBC Jabar, M Purwantoro, mencontohkan peredaran tembakau tanpa pita cukai bermerek ‘Cap Pelor’persebarannya sudah mencakup Kota Bandung, Kab. Bandung Barat, Kab. Bandung, dan Kab. Sumedang.

tembakau

Purwanto menjelaskan bahwa tarif cukai kerap naik dengan tujuan supaya masyarakat tidak mudah membeli. Tetapi karena kenaikan ini, membuat rokok-rokok ilegal semakin berani masuk ke pasaran.

“Saat kita lakukan penindakan, tembakau-tembakau itu kita temukan di daerah perkotaan. Bahkan dijual di toko-toko yang resmi,” katanya.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Category : Kabar