tingwe

Tingwe Adalah Jalan Ninja Kretekus di Tahun 2020

Tahun 2019 adalah tahun yang tidak baik-baik amat. Sudah kisah hidup ya nggak bagus, eh kok ya pemerintah pakai naikin harga rokok tinggi nauzubillah segala. Kan hidup bakal jadi susah. Untungnya, solusi terbaik atas masalah ini sudah ditemukan umat manusia: tingwe.

Ya, tingwe adalah solusi atas segala perkara harga rokok yang naik itu. Dengan tingwe, kita masih bisa sebats walau cukai rokok tinggi betul, dan harga rokok naik tak terjangkau. Cuma butuh modal tenaga dan niat yang lebih, tapi kita tetap bisa menikmati asyiknya sebats.

Dulu, tingwe memang dianggap sebagai sebuah aktivitas yang merepotkan. Sudah harus linting sendiri, padahal linting rokok bukanlah suatu hal yang sudah dikuasai semua orang, eh begitu kelar sekitaran meja jadi berantakan. Karena malas untuk melakukan hal repot begini, biasanya orang-orang tentu lebih memilih membeli rokok di pasaran.

Praktis mungkin adalah kata kunci bagi masyarakat hari ini. Ya siapa sih yang nggak mau hidup praktis. Tinggal beli rokok di toko, ambil sebatang lalu bakar. Sat set cepat mudah dan nikmat. Semua yang praktis dan instan memang digemari sih.

Namun, di kala harga rokok melambung tinggi dan sebats tak terbeli, kita harus juga berkompromi dengan hal prinsipil lainnya dalam hidup; duit. Kalau memang punya banyak duit sih mungkin kenaikan harga rokok tidak akan berdampak-dampak amat. Tapi jika memang tidak punya uang, ya kita harus sadar diri juga dong.

Untuk itulah, sebagian besar kretekus di Indonesia akan memilih tingwe sebagai jalan ninjanya tahun depan. Demi tetap bisa sebats dengan asyik dan khusyuk, tentu segala cara bakal ditempuh, meski harus agak merepotkan diri sendiri.

Biasanya sih perkara yang dianggap repot ini hanya bakal bertahan di awal-awal mulai mencoba saja. Begitu sudah terbiasa melinting sendiri, kita bakal bisa menikmati sensasi asyik menggulung tembakau di dalam kertas rokok. Dan jika sudah begitu, perkara malas dan repot akan berganti dengan rasa syukur atas kebudayaan yang membuat kita tetap bisa sebats ini.

Category : Artikel
Tags :