perokok

Tipe Perokok Berdasar Modalnya

Walau sebenarnya tingkatan derajat manusia berdasar kasta sudah tidak lagi dianggap di dunia, tapi secara nyata persoalan kasta ini memang masih dirasakan dalam pergaulan. Setidaknya, walau kasta sudah hilang secara definitif, tapi ya setidaknya kelas derajat manusia masih tetap ada, bahkan dalam pergaulan perokok.

Tapi ya namanya dalam pergaulan, urusannya hanya dalam konteks lingkungan terdekat saja. Meski ya kadang ngeselin, tapi melekatkan kasta seorang perokok berdasar modalnya ketika nongkorong itu perlu dilestarikan agar keadaan tongkrongan tetap berseri dan penuh tawa. Nah berikut adalah tipe perokok yang dihitung berdasarkan modalnya ketika nongkrong.

Sejahtera

Ini adalah kasta tertinggi dalam urusan tongkrongan. Biasanya, tipe perokok ini selalu membawa rokok dan korek lebih dari satu. Selain untuk dirinya sendiri, Ia juga sadar ada fakir-fakir udud yang perlu disedekahi. Karena itu, biasanya Ia meletakkan satu bungkus rokok dan sebuah korek di meja tongkrongan untuk dikonsumsi bersama semua orang.

Buatnya, yang paling penting adalah kebersamaan dan tawa canda untuk bahagia. Soal rokok yang habis mah, jangan kayak orang susah, tinggal beli lagi ya gitu aja kok repot.

Kapitalis

Ini tipikal perokok yang sebenarnya sejahtera, tapi punya jiwa korporat yang sungguh sekali. Biasanya, Ia bakal meminta sobat kismin untuk keluar beli rokok begitu datang. Uangnya ya dari dia, tapi soal tenaga ya diserahkan pada mereka yang tidak bermodal saja.

Beli rokok dua, korek dua, yang satu diletakkan di meja untuk dikonsumsi bersama. Sementara, rokok favoritnya, tentu saja diletakkan di kantong saku untuk dikonsumsi sendiri. Kalau  Korek yang satu, ya ditaruh saku juga dong. Masa semua harus diikhlaskan buat curanrek.

Sosialis

Ini adalah tipe perokok yang walau tidak miskin-miskin amat, tapi ya tidak punya banyak uang juga. Karena itu, biasanya dia membawa sisa rokok kemarin ke tongkrongan, beserta korek serta sejumlah uang yang tidak cukup untuk beli sebungkus rokok. Nantinya, kalau rokok habis, dia bisa minta teman dulu, atau langsung mengajak yang lain untuk patungan.

Pokoknya, patimura bersatu tak bisa dikalahkan.

Usaha

Ini adalah tipe perokok yang sebenarnya ya tidak punya banyak uang. Ya ada sih, tapi paling cuma cukup untuk beli dua batang rokok dan sebiji teh gelas. Tapi, tipikal ini biasanya punya semangat tinggi untuk merokok. Kalau ada orang bawa rokok dan tidak punya korek, Ia akan menyodorkan koreknya sembari minta rokok sebatang.

Kalau tidak, ya biasanya dia akan mengajak teman-teman patungan rokok, sementara dia tidak keluar uang, tapi dia yang akan jalan keluar untuk membeli rokok. Minimal ya ada modal usaha lah.

Sebenarnya masih ada beberapa tipe lainnya lagi, tapi nanti kita bahas dalam tulisan yang berbeda ya. Kalau kalian ada di tipe yang mana nih?

Category : Artikel
Tags :