orang merokok

Tuntutan Perempuan Soal Merokok di Hari Perempuan Internasional

Peringatan Hari Perempuan Internasional jatuh pada tanggal 8 Maret. Tanggal tersebut diambil berdasarkan peristiwa 8 Maret di Petrograd, di mana para perempuan menuntut kematian lebih dari 2 juta tentara Rusia. Tonggak sejarah yang kemudian memicu terjadinya revolusi Rusia itu kemudian dijadikan momentum untuk perjuangan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1977, Momentum yang kemudian dikenal sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day.

Momentum Hari Perempuan Internasional banyak isu yang dikemukan pada momentum Hari Perempuan Internasional, termasuk di antaranya anggapan masyarakat kita yang masih mendeskreditkan para perempuan yang merokok.

rokok-

Isu rokok terhadap perempuan ini menjadi penting, sebab berbagai streotipe negatif diberikan kepada para perempuan yang merokok. Padahal merokok adalah pilihan dewasa. Merokok merupakan aktivitas yang dipertanggungjawabkan secara pribadi. Jikalau bila risiko kesehatan akibat merokok itu benar-benar berlaku lho ya.

perempuan merokok

Merokok tidak ada kaitannya dengan moralitas. Tak ada kaitannya dengan jenis kelamin tertentu atau kecenderungan seksual. Tak ada hubungannya orang baik atau buruk seseorang dinilai dari rokok. Terlebih bila si perokok telah menghormati hak orang lain untuk menghirup udara tanpa asap rokok. Toh perokok sudah paham dengan gelagat orang-orang yang tidak suka asap rokok. Di ruang publik, mereka akan dengan senang hati mencari tempat khusus merokok, tak peduli bila orang yang dihindari tadi seperti menikmati menghirup asap knalpot.

rokok

Di peringatan Hari Perempuan Internasional ini, banyak perokok perempuan yang berharap dan mengkampanyekan agar masyarakat tidak mudah men-judge dan memberikan penilaian negatif terhadap perempuan yang merokok.

Gambar ilustrasi: Eko Susanto

Category : Artikel