orang merokok jual tembakau

Upaya Menjaga Pasar Tembakau Dibalik Tekanan Cukai

Mau tidak mau, kita harus siap dihadapkan kenyataan bahwa stabilitas industri akan terganggu akibat kenaikan cukai. Bahwa pengaruhnya terhadap angka pembelian dari konsumen akan menurun akibat dari mahalnya harga rokok. Dan akibat yang paling dikhawatirkan adalah industri mengurangi kuota pembelian dari petani. Kalau itu terjadi, akan banyak hasil panen yang tak terserap.

Jelas ini kondisi yang mengkhawatirkan. Suara keresahan petani kian hari kian menderu. Setelah sebelumnya kasus tak terserapnya tembakau Temanggung. Di beberapa daerah juga kini terjadi hal serupa. Tidak hanya berdampak pada tembakau, kebijakan ini juga berdampak pada penjualan cengkeh. Di Lamongan misalnya, petani mengeluhkan harga cengkeh yang kian turun beberapa bulan kebelakang. Keadaan harus segera disiasati. Setidaknya untuk menjaga industri dan kesejahteraan para petani yang dalam tekanan kebijakan menyiksa

Beberapa hari lalu, Asosiasi Petani Tembakau Internasional/International Tobacco Growers Association (ITGA), bersama afiliasinya yaitu Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI) & Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) menyelenggarakan sebuah acara Peringatan hari Tembakau Se-Dunia.

Acara yang diselenggarakan di Gedung Budaya Sabilulungan Kabupaten Bandung. Kegiatan tersebut melibatkan perwakilan petani tembakau dari berbagai daerah. Tercatat, acara tersebut dihadiri kurang lebih 1.000 perwakilan petani tembakau dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung.

Acara diisi dengan pengenalan hasil tembakau dari berbagai daerah tersebut dan beberapa kreasi dari petani. Tujuannya jelas, bahwa acara tersebut diharap mampu lebih memgenalkan ke lagi hasil tembakau tanah indonesia ke khalayak dunia.

Selain itu, juga bertujuan untuk menjaga pasar agar dunia tertarik dengan hasil tembakau negeri ini. Bukan hal mustahil jika nantinya hasil tembakau dari negeri ini bisa jadi pemasok industri rokok di luar negeri. Apalagi tembakau Indonesia dinilai mempunyai cita rasa yang khas.

Tentu acara ini dapat sambutan baik dari berbagai kalangan. Setidaknya, adanya acara ini bisa menjaga harapan-harapan para petani bahwa kesejahteraan masih mungkin berpihak ke mereka. Hal lainnya, acara ini juga diharapkan mampu meredam kekhawatiran para pentani dan menjaga semangat mereka. Suplai semangat jadi hal yang sangat dibutuhkan para petani tembakau saat ini. Petani harus bisa bangkit dari keadaan serta tekanan kebijakan yang ada.

Category : Artikel
Tags :