hukum merokok

Apa Hukum Merokok Ketika Puasa?

Sebagai seorang muslim, puasa di bulan Ramadhan adalah sebuah kewajiban. Setidaknya, puasa adalah wajib bagi mereka yang memenuhi syarat. Hal ini tentu juga berlaku pada muslim yang merokok. Pertanyaannya, apa hukum merokok ketika puasa?

Bagi sebagian besar perokok, mungkin hampir semua, puasa menjadi satu tantangan tersendiri. Mengingat puasa bagi mereka bukan hanya sekadar menahan lapar, haus, hawa nafsu, tetapi juga keinginan untuk merokok. Karena itu, ada begitu banyak pertanyaan tentang hukum merokok ketika puasa.

Dulu ketika kecil, ada bahasan yang mengatakan kalau merokok tidaklah membatalkan puasa. Lantaran hal yang dianggap membatalkan puasa adalah makan atau memasukkan benda padat ke dalam mulut. Sementara hal lain yang membatalkan adalah minum atau memasukkan benda cair ke dalam mulut.

Sementara dengan merokok, hal dilakukan adalah mengisap atau memasukkan benda gas ke dalam mulut. Hal ini dianggap tidak membatalkan, bagi sebagian orang. Meski saat ini, anggapan tersebut tidak lagi populer di kalangan perokok.

Agar tidak kebingungan, mari kita melihat dasarnya kitab Hasyiyatul Jamal karangan Syekh Sulaiman al-‘Ujail. Batalnya puasa memang ditentukan berdasar ketentuan di atas, makan atau minum. Namun, di kitab ini, asap termasuk dalam kategori ‘ain, sesuatu yang masuk ke dalam lubang tubuh dan dapat membatalkan puasa.

Karena asap yang dianggap membatalkan puasa apabila itu adalah asap rokok, atau merokok. Apalagi mayoritas ulama berpendapat jika merokok membatalkan puasa. Hal ini dikarenakan aktivitas yang tampak dari merokok ini adalah menghisap. Sementara dalam bahasa Arab, merokok disebut sebagai syurbud dukhan yang bermakna minum atau menghisap asap.

Dengan begitu jelaslah sudah hukum merokok saat puasa. Jadi, ada baiknya, kita sebagai perokok tidak merokok dulu ketika menjalankan ibadah puasa. Selain menjadi bagian dari ibadah, hal ini juga bisa membantah kalau anggapan rokok itu candu tidak.

Seandainya memang rokok itu candu, sudah pasti bakal ada banyak perokok yang kejang-kejang tatkala berpuasa. Namanya juga candu, kalau nggak dikasih bisa jadi sakaw begitu deh. Tapi, pernah kah kalian melihat yang demikian?

Komentar Anda
Category : Kabar
Tags :