Benarkah Djarum Super adalah Rokok Kuli?

Jika ada yang menyebutkan bahwa rokok Djarum adalah rokok kuli, ia memang tidak salah alamat. Memang kuli suka dengan rokok Djarum, terutama Djarum Super. Akan tetapi bukankah sebagian besar masyarakat di Indonesia juga suka dengan rokok tersebut? Jika iya, mengapa selalu Djarum Super identik dengan rokok kuli?

Ini yang menjadi pertanyaan besar. Roki tidak habis pikir dengan orang-orang yang memberikan persepsi bahwa Djarum Super adalah rokok kuli. Apakah karena kuli suka mengisap rokok tersebut? Eh, kuli juga suka makan nasi. Jadi, apakah nasi adalah makanan kuli? Nah, kegemaran orang Indonesia adalah makan nasi. Jadi, apakah Indonesia adalah negara kuli?

Bhaaa. Bingung, kan?

Stereotip seperti itu dapat bertahan dan menyebar ke telinga orang-orang karena ketika di jalan atau pabrik, mereka melihat kuli suka mengisap rokok tersebut. Sebenarnya tidak jadi masalah. Toh, mereka membelinya dengan uang sendiri. Jadi, uang mereka sebenarnya berguna bagi perekonomian negara.

Yang jadi masalah adalah sebenarnya mereka punya uang, tapi enggan membeli rokok, eh, jatuhnya malah minta rokok teman. Ini yang repot. Pandai menyimpang uang sekaligus menghabiskan jatah teman. Semoga teman Roki, jangan ada yang begitu, ya.

 

Djarum Super adalah Identitas 

Sejatinya tiap rokok memang punya penggemar masing-masing. Ada orang yang kalo ga isap rokok klobot, nanti ga bisa bekerja. Ada pula yang jika tidak merokok Dji Sam Soe, nanti tidak bisa berpikir. Maka, benar bahwasanya rokok punya ciri khas dan identitas masing-masing.

Kalopun rokok Djarum Super identik dengan rokok kuli, ya biarkan saja orang lain yang mengatakan begitu. Toh, dengan identitas demikian, rokok tersebut menjadi kegemaran banyak kuli seperti halnya nasi.

Barangkali yang mengatakan begitu, kurang piknik. Atau jangan-jangan belum pernah merasakan nikmatnya rokok tersebut. Soalnya, jika sudah mencoba, akan ketagihan. Jika sudah ketagihan seperti banyak pejabat, masa ya mereka disamakan dengan kuli? Pasti gengsi, kan?

 

Jadi, tak perlu gengsi. Rokok, apa pun mereknya baik bagi penggunanya. Identitas akan tercermin apabila rokok tersebut bermanfaat bagi negaranya. Ya, seperti Djarum Super ini.

Komentar Anda
Category : Artikel