Bukan Hanya Rokok, Nikotin juga Ada di Sayuran

Rokok kerapkali disalahkan sebagai pemicu munculnya berbagai penyakit. Mulai dari kanker, serangan jantung, hingga impotensi. Zat dalam produk tersebut yang menjadi penyebabnya. Salah satunya nikotin. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa nikotin juga terdapat dalam sayuran?

Ya, sebenarnya itu bukan pertanyaan melainkan pernyataan. Sebab, beberapa sayuran memang memiliki nikotin. Bahkan, kandungannya melebihi dari rokok. Contoh: terong 100 gram, tomat mentah 42,8 gram, dan kentang 15,3 gram.

Baca Juga: Industri Rokok: Dicaci Sekaligus Dicari

Lalu, apakah manusia tidak boleh mengonsumsi ketiga sayuran tersebut? Waduh, sepertinya malah ketiga sayuran tersebut hadir di salah satu hari dalam seminggu. Tomat mentah akan sangat enak bila dicampur dengan ulekan sambal mentah. Ditambah lagi terong krispi. Kemudian, agar dianggap diet, kentang lebih diutamakan ketimbang nasi.

Nikotin itu Buruk?

Tidak sepenuhnya anggapan bahwa nikotin itu buruk. Mari Roki bedah tentang apa saja dampak positif dari nikotin. Mampu meningkatkan hormon dopamine yang membuat tubuh menjadi rileks. Kemudian menimbulkan endorphine yang membuat orang menjadi lebih bahagia.

Akan tetapi, tampaknya informasi ini hanya selewat saja. Bahkan, tenggelam dan terpendam begitu saja. Sehingga, banyak orang yang tidak mengetahui informasi berharga ini. Oleh karena sudah terpendam, akhirnya perokok terdiskriminasi. Oleh siapa? Tentu saja oleh kelompok antirokok.

Inj belum lagi bicara soal regulasi. Tanaman tembakau masuk dalam UU Kesehatan. Roki kira tembakau diteliti untuk dilihat kebermanfaatannya. Ternyata, Roki keliru. Yang lebih didengungkan justru sebaliknya. Tembakau kurang baik apalagi olahannya menjadi rokok.

Jika sudah begini, yang bisa menaruh perhatian hanyalah bidang ekonomi. Ini tidak bisa dimungkiri lagi sebab hasil dari olahan tembakau sangat berguna bagi pendapatan negara. Cukainya bermanfaat. Sehingga, tidak heran jika dari tahun ke tahun, cukai rokok terus mengalami kenaikan.

Baca Juga: Benarkah Bahaya Rokok Lebih Dominan?

Merokok memang membuat kita menjadi candu. Ini sama halnya kamu makan mie instan, es krim dan lainnya. Tapi, sebagaimana candu, andaikan kamu bisa mengontrolnya dengan baik, itu tak menjadi masalah. Yang berbahaya justru melebihi batas kemampuan tubuh. Maka, kesehatan perlu dijaga dengan baik. Agar kamu bisa sehat dan tetap bisa merokok, makan mie instan, dan es krim.

Komentar Anda