Inilah 3 Jenis Rokok di Indonesia

Kretek boleh jadi menjadi salah satu warisan yang berharga bagi Indonesia. Olahan kretek adalah rokok yang kini sangat mudah dijumpai di berbagai toko kelontong maupun gerai ritel. Harganya bervariasi mulai dari yang murah sekitar lima ribu dengan isi 12 batang hingga seratus sepuluh ribu dengan isi 16 batang. Rasanya pun demikian. Ada yang klasik hingga yang terbaru buah-buahan. Dari aneka rokok tersebut, ada beragam jenis rokok.

Di Indonesia, ada tiga jenis rokok yang sering dikonsumsi perokok. Sigaret Kretek Tangan (SKT), Sigaret Kretek Mesin (SKM), dan Sigaret Putih Mesin (SPM). Lalu, apa ciri dari setiap jenis tersebut? Apa saja rokok yang termasuk dalam jenis tersebut? Di bawah ini kamu menemukan jawabannya.

Sigaret Kretek Tangan (SKT)

Secara umum, SKT adalah kretek yang dibuat tanpa bantuan mesin. Jadi, prosesnya lebih ke manual dengan bantuan tangan-tangan pelinting. Seluruh pekerja perlinting adalah perempuan.

Jika kamu mengamati secara detil mengenai SKT, ada beberapa ciri yang mencolok. Di antaranya adalah diamater tebal dan tak ada filter di ujungnya. Untuk tar dan nikotin umumnya cukup tinggi. Tar 38 mg dan nikotin 2 mg. Selain itu, untuk rasa, Anda tidak dibikin kecewa karena rasanya sangat baik.

Yang termasuk dalam kategori SKT adalah Dji Sam Soe, Djarum Coklat, Djarum 76, Aroma Slim, dan Gudang Garam Patra.

Baca Juga: Beda Jenis Rokok, Beda Bahan Baku

Sigaret Kretek Mesin (SKM)

Jika SKT tidak menggunakan mesin sama sekali, SKM justru produksinya menggunakan mesin. Selain itu, pada ujung batang, jika SKT tidak menggunakan filter, SKM menggunakan filter.

Saat ini, pangsa pasar SKM paling tinggi. SKM mengalahkan dua jenis yaitu SKT dan SPM. Gudang Garam Filter merupakan produk yang paling diburu. Di bawahnya terdapat Djarum Super, pabrikan asal Kudus yang malang melintang.

Selain dua produk tersebut, ada Sampoerna Mild, LA Lights, LA Bold, Djarum Coklat Filter, Djarum 76 Filter, Wismilak Diplomat, Sukun Putih, dan masih banyak lainnya.

Sigaret Putih Mesin (SPM)

Dari namanya saja, sudah bisa dipastikan bahwa jenis yang satu ini sama sekali tidak menggunakan kretek. Artinya, tidak menggunakan bahan baku cengkeh. Perokok yang menyukai jenis ini sering disebut sebagai penyuka putihan.

Rasa yang dihasilkan berbeda. Begitu pula dengan diameter pada rokok ini. Kebanyakan, jenis ini didominasi oleh produk impor. Seperti, Marlboro Merah, Dunhill, Camel, Country, Marcopolo, Commodore, dan masih banyak lainnya.

Itulah jenis-jenis rokok yang perlu kamu ketahui. Sebab, kamu akan tahu bagaimana sebuah produk diolah dan dinikmati. Lalu, produk mana yang paling kamu senangi?

Baca Juga: Mengenal Beragam Jenis Pembungkus Rokok

Komentar Anda
Category : Artikel