Inilah Daftar Merek Rokok di Luar Pulau Jawa

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya ada banyak rokok yang berasal dari luar Pulau Jawa. Selama ini, orang-orang lebih mengetahui merek rokok dari Pulau Jawa. Seperti Djarum Super, Halim, atau Dji Sam Soe. Padahal sejatinya, perlu teman Roki ketahui, betebaran merek rokok di luar Pulau Jawa.

Ada beberapa merek rokok di luar Pulau Jawa yang brand-nya cukup eksis hingga saat ini. Dan ternyata, beberapa merek tersebut memiliki kemiripan sejarah dengan yang ada di Pulau Jawa. Pasalnya, mereka mengawali dari industri rumahan. Seiring berkembangnya waktu, ada yang terpaksa gulung tikar namun tidak jarang yang masih bisa bertahan.

Lalu, apa sajakah merek rokok yang ada di luar Pulau Jawa? Simak artikelnya di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal 4 Campuran Pada Rokok Kretek

Merek Rokok di Luar Pulau Jawa 

Commodore

Bagi pecinta rokok putihan, tidak elok jika tidak menyebutkan rokok yang berasal dari Sumatera Utara. Rokok Commodore adalah perpaduan antara tembakau Virginia dengan Barley yang khas. Tak heran apabila rokok ini memiliki konsumen yang loyal.

Mulanya, rokok Commodore diproduksi oleh PT. Bentoel Group. Namun, seiring berjalannya waktu, berpindah ke PT. Adhitama Sejahtera Abadi.

 

Marcopolo

Siapa yang tidak kenal dengan rokok legendaris yang satu ini? Marcopolo. Dalam sebuah iklan digambarkan sebuah kapal berlayar menerjang ombak. Sembari diiringi latar belakang lagu rock classic, Marcopolo memiliki slogan “Pemberani dan Tangguh”.

Marcopolo ada produksi PT. Sumatera Tobacco Trading Company. Memiliki banyak varian, tapi yang paling terkenal adalah bungkusnya berwarna emas. Marcopolo termasuk dalam kategori Sigaret Putih Mesin (SPM).

Baca Juga: 80% Perokok Lebih Kebal terhadap Corona

Cap Orang Setia

Rokok ini memang jarang terdengar ke publik. Namun, apabila teman Roki berkunjung ke Bali, terutama daerah Klungkung, Cap Orang Setia termasuk favorit. Merek lokal yang termasuk dalam kategori Sigaret Kretek Tangan (SKT).

 

Panama

Produk klasik yang sering menjadi pegangan perokok Sumatera adalah Panama. Rokok ini tergolong dalam kategori Sigaret Putih Mesin (SPM). Diproduksi oleh PT. Wongso Pawiro di Sumatera Utara, bungkus rokok memiliki gambar yang cukup mencolok yaitu sebuah kapal layar.

Jadi, inilah empat merek rokok di luar Pulau Jawa yang bisa Roki ulas saat ini. Jika teman Roki punya tambahan lain, jangan ragu tulis di kolom komentar, yaaa.

Komentar Anda
Category : Artikel