Inilah Manfaat Sesungguhnya dari Puntung Rokok!

Kabar menggembirakan datang dari Malang. Tepatnya dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kabar tersebut berupa keberhasilan beberapa mahasiswa menelurkan inovasi terkait puntung rokok dan limbah tembakau. Inovasi tersebut yaitu mengubah puntung rokok dan limbah tembakau menjadi pestisida alami.

Kabar ini seharusnya disebarkan ke khalayak ramai. Terutama kepada pemerintah baik daerah maupun pusat. Sebab, berulang kali puntung rokok menjadi masalah. Salah satunya menjadi penyebab kebakaran gedung Kejaksaan Agung.

Dengan adanya kabar ini, setidaknya membuka mata kepada publik, khususnya antirokok, bahwa tembakau, dengan segala polemiknya, limbahnya pun masih bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Baca Juga: Ini Ciri Perokok Santun yang Harus Kamu Ketahui

Limbah Tembakau sebagai Pestisida

Pada mulanya, lima mahasiswa UMM resah dengan petani tembakau di Sumberejo, Blitar. Mereka melihat banyak tembakau, khususnya tembakau kering, yang teronggok di lingkungan tersebut. Pasalnya, tembakau tersebut tidak terserap dengan baik. Tambahan lagi, kualitasnya tidak cukup bagus bagi pabrik.

Maka, mereka pun mencoba bersiasat. Apakah limbah tembakau beserta puntung rokok dapat dimanfaatkan? Tentunya menjadi olahan yang berdampak bagi kehidupan masyarakat.

Ternyata mereka berhasil. Dalam penjurian Program Kreativitas Mahasiswa-Teknologi (PKM-T), semua juri merasa puas dan teknologi inilah yang diharapkan berdampak positif bagi kehidupan bangsa. Inovasi tersebut bahkan membuat Dikti menggelontorkan sejumlah dana untuk mengaplikasikannya di Blitar.

Roki pun berharap, dengan adanya inovasi seperti itu, setidaknya mampu menghidupkan kembali perekonomian petani tembakau. Perlu diketahui, petani tembakau sedang luluh lantak akibat tembakau di pasaran tidak terserap dengan baik.

Bahkan, di beberapa daerah, seperti Temanggung, petani tembakau justru membakar lahannya. Mereka kesal karena pemerintah tidak intervensi dengan fenomena tersebut. Apalagi, saat itu, desas-desus cukai rokok akan naik lagi.

Maka, Roki berharap kepada pemerintah bahwa inovasi seperti itu perlu dibawa ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga, hal tersebut bisa membuktikan bahwa rokok tidak hanya berkontribusi dari cukainya saja melainkan juga puntung rokok beserta limbah tembakau.

Jika pemerintah mampu menyinergikan antara kepentingannya dengan kepentingan petani tembakau, Roki percaya bahwa tembakau di Indonesia sangat bermanfaat bagi kehidupan bangsa dan negara.

Baca Juga: Berhenti Merokok Itu Mudah, Tidak Perlu Ada Paksaan

Komentar Anda