Rokok Clas Mild dan Clas Mild Silver: Duo Nojorono!

Selera rokok dan merokok tiap orang dibentuk melalui pengalaman-pengalaman pribadi. Ada orang yang memiliki selera rokok dengan citarasa berat seperti Dji Sam Soe, Gudang Garam Surya. Sementara bagi perokok dengan selera isapan rokok ringan, produk mild jadi solusinya.

Di pasaran, terdapat banyak varian rokok Mild bermacam-macam. Terkadang juga memiliki nama yang hampir mirip sebagaimana Clas Mild dan Clas Mild Silver, Surya 12 dengan Surya Pro Mild, Gudang Garam Signature dengan Signature Mild, dan sebagainya. Bagaimana membedakannya?

Perbedaan Clas Mild dan Clas Mild Silver 

Saya akan mengambil contoh dari Clas Mild dan Clas Mild Silver. Rokok ini diproduksi oleh pabrikan yang cukup legendaris di Indonesia, yaitu PT Nojorono Tobacco International pada tahun 2003. Clas Mild hadir dengan kemasan 12 batang dan 16 batang. Sementara adiknya, Clas Mild Silver diluncurkan 16 tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 2019.  

Mari kita amati perbedaan mendasar di antara kedua produk rokok tersebut. Yang paling dapat dibedakan adalah kemasan kedua produk. Clas Mild berwarna putih dan Clas Mild Silver berwarna biru. Tulisan Clas Mild Silver menggunakan emboss atau latar timbul berwarna perak. Clas Mild tetap mempertahankan tampilan yang khas sejak tahun 2003.

Salah satu alasan Nojorono grup meluncurkan produk Clas Mild Silver adalah harga Clas Mild yang sudah melambung tinggi di kisaran harga 24 ribuan untuk isi 16 batang. Sedangkan Clas Mild Silver berada pada kisaran harga 18 ribu dengan isi yang sama. Daripada konsumen setia Clas Mild berpindah ke lain hati, dibuatkan adik dari Clas Mild ini.

Baca Juga: Kenapa Bungkus Rokok Mild Kebanyakan Berwarna Putih?

Itu soal bungkus. Adagium don’t judge a book by its cover memang berlaku pada Clas Mild. Dari segi tarikan, Clas Silver terasa lebih ringan dibandingkan kakaknya. Bagi pecinta tarikan yang agak berat, Clas Mild terasa lebih nendang. Dari segi rasa, Rasa agak sedikit pedas masih terasa pada Clas Mild lama. Sedangkan citarasa manis terasa dominan di Clas Mild Silver. 

Rasa sedikit pedas tersebut, menurut saya ditimbulkan kombinasi rempah seperti kapulaga, kayumanis dan adas manis yang cukup terasa. Percampuran tembakau Virginia dan tembakau Oriental tersaji dengan lembut ketika rokok Clas Mild Silver dibakar. 

Baca Juga: Mild, Rokok Kegemaran Anak Muda Indonesia

Tapi, semuanya kembali kepada selera masing-masing. Apakah kamu termasuk klub Clas Mild Klasik atau Clas Mild Silver? 

Komentar Anda