rokok

Jenis-jenis Produk Rokok Djarum Black

Djarum Black memiliki varian produk yang beragam. Perkembangan rokok Mild di Indonesia terkait dengan pasar dan tren produk saat itu yang mengedepankan visualisasi dan inovasi rasa. Menangkap momentum ini, Djarum meluncurkan beberapa varian produk tersebut yang menyasar segmen rokok dengan inovasi rasa minuman. Hal ini dilakukan untuk memenuhi persaingan segmen rokok beraroma citarasa di Indonesia yang sedang bergairah pada era kurun waktu 2000-an.

Ciri khas produk tersebut adalah elaborasi citarasa kopi, cappuccino, tembakau, cengkeh, dan rempah dalam satu batang. Kombinasi bahan-bahan tersebut memunculkan brand rokok yang unik di tengah persaingan rasa rokok di tahun-tahun tersebut.

Baca Juga: Benarkah Djarum Super adalah Rokok Kuli?

Apa saja jenis-jenis rokok Djarum Black? Bagaimana ciri khasnya? Mari kita simak satu per satu.

Tea

Produk ini adalah rokok kretek pertama dengan aroma teh yang tercipta di Indonesia. Aroma teh dengan citarasa yang menyegarkan, membuat rokok ini terbilang unik, ditambah lagi dengan dengan logo yang apik. Teh merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia selain kopi. Ide ini dikembangkan oleh Djarum untuk membidik segmen penggemar citarasa teh. Sayangnya saat ini merek tersebut tidak lagi beredar di pasar Indonesia, tapi malah beredar di pasar rokok Jepang.

Cappuccino

Produk ini adalah rokok kretek rasa cappucino pertama yang dibuat di Indonesia. Diluncurkan pada tahun 2004, Djarum Black Cappucino menjadi pembuka jalan bagi produk rokok rasa-rasa hadir di pasaran. Hingga saat ini, produk tersebut masih beredar di pasaran dan digemari oleh para konsumennya.

Menthol

Merek menthol diluncurkan pada tahun 2009 sebagai pembuktian bahwa Djarum Black juga memiliki rasa mentol, seperti produk-produk lain. Sebagaimana rokok mild rasa menthol lainnya, bungkus rokok ini hadir dengan latar warna hijau hitam yang khas. Sayang, rokok ini memang kurang diminati pasar rokok mild yang telah memiliki beragam produk mild lainnya.

Slim

Tahun 2008, Djarum mengeluarkan rokok kretek kertas hitam pertama dengan diameter batang terkecil di Indonesia yaitu 6,1 mm dan panjang 95 mm. Produk yang diberi nama Djarum Black Slim tergolong populer, lumayan hype, tapi sulit ditemukan. Kemasan Slim memiliki kesan elegan dengan dominasi warna hitam doff. Kesan ini lekat dengan maskulinitas rokok-rokok Djarum yang menampilkan aktivitas luar ruangan di alam bebas.

Mild

Produk Mild merupakan lini mild Djarum Black. Meskipun bernama seperti itu, kemasan rokok ini berwarna putih, khas branding rokok-rokok mild. Entah mengapa, hampir semua rokok mild menggunakan warna putih sebagai bungkusnya. Berbeda dengan desain bungkus produk rokokĀ  lainnya, produk ini justru menggunakan bungkus berwarna putih dengan tampilan minimalis. Djarum Black Mild adalah rokok yang ditawarkan bagi penggemar Djarum Black dengan citarasa mild.

Baca Juga: Komitmen PT Djarum Mendukung Tembakau Temanggung

Komentar Anda