Jenis-jenis Rokok

Jenis-jenis Rokok di Indonesia

Sebagai salah satu negara yang menghasilkan tembakau, Indonesia mendapatkan berkah yang luar biasa. Olahan tembakau yang bermanfaat bagi penerimaan negara adalah rokok. Dan perlu kamu ketahui, ada banyak jenis-jenis rokok di Indonesia.

Mulai dari proses pembuatan, bahan pembungkus, hingga isi di dalamnya. Penasaran? Mari simak dengan baik pencerahan dari Roki.

Jenis-jenis rokok Proses Pembuatan

Sigaret Kretet Tangan (SKT)

Sebelum mesin hadir di tanah Nusantara, SKT menjadi primadona bagi perokok. Proses pembuatannya adalah melinting atau menggiling dengan tangan manusia. Cara yang dibilang manual mampu menjadikan daya tarik karena cita rasa yang alami.

Sigaret Kretek Mesin (SKM)

Setelah mesin menyeruak di Nusantara, perokok mencoba beralih mengonsumsi rokok dengan label SKM. Dengan mesin, proses pembuatannya cukup cepat. Hitungannya, per menit mampu menghasilkan enam sampai delapan ribu oer batang.

Hasilnya pun tidak lagi berbentuk rokok batangan melainkan sudah berbentuk bungkus rokok dengan isi 12 atau 16.

Sigaret Putih Mesin (SPM)

Hampir sama dengan proses pembuatan SKM, namun bahan dasarnya tak melibatkan cengkeh di dalamnya. Dari proses pelintingan hingga menjadi kemasan bungkus rokok. Bagi pecinta non kretek, rokok dengan label SPM cocok untuk dikonsumsi.

Jenis-jenis rokok dari Bahan Pembungkus

Klobot

Salah satu kekayaan nusantara adalah rokok klobot. Dibungkus dengan kulit jagung, rokok klobot merupakan warisan nenek moyang dan tetap dilestarikan hingga hari ini.

Kawung

Selain klobot, salah satu warisan nenek moyang adalah kawung. Rokok ini dibungkus menggunakan daun aren. Menghasilkan sensasi yang unik dan pengonsumsinya masih jamak ditemukan di sebagian Jawa Barat.

Sigaret

Nah, kalo yang ini sangat jamak ditemukan di Indonesia. Sebab, bahan pembungkusnya adalah kertas. Kamu bisa menemukannya sudah dalam kemasan bungkus rokok. Meskipun dicap sebagai rokok modern namun sebenarnya secara tradisional masih ada sigaret yang dilinting sendiri.

Cerutu

Ketika kamu ingin dianggap terlihat mafia atau orang keren seperti di film maka cobalah cerutu. Bahan pembungkusnya menggunakan daun tembakau yang dikeringkan. Telah muncul di Eropa sejak abad ke-14, kini pengonsumsinya merambah ke masyarakat Indonesia.

Jenis-jenis rokok dari Bahan Baku

Rokok Kretek

Cita rasa dan warisan khas Nusantara yang perlu dilestarikan adalah kretek. Rokok kretek berisi tembakau yang dipadukan dengan cengkeh. Malang melintang di Kudus, kini kretek telah menyebar di seluruh Nusatara. Dan industrinya, menjadi yang terbaik dalam hal menyumbang pendapatan negara.

Rokok Putih

Berbeda dengan kretek, rokok ini tanpa campuran cengkeh. Makanya disebut putih atau kalo kata teman-teman di warung kopi, putihan. Mengandung tar dan nikotin yang lebih rendah, rokok ini berasal dari Eropa yang kemudian bermigrasi ke Indonesia sampai saat ini.

Jadi begitulah penjelasan Roki tentang jenis-jenis rokok di Indonesia. Semoga kamu dapat pencerahan, ya 🙂

Komentar Anda
Category : Artikel
Tags :