Karir Gemilang Juergen Klopp, Pelatih Liverpool yang Merokok

Pelatih dari Liverpool, Juergen Klopp adalah satu dari sekian banyak pelatih eropa yang kerap merokok. Walau kebiasaan merokoknya ini kerap kali dipandang sebelah mata. Ia tetap buktikan bahwa dicitrakan bagaimanapun, karir tetaplah karir bahkan ia berhasil membawa Liverpool merengkuh gelar juara musim ini.

Jauh sebelum tim asal Merseyside itu dibawakan beragam gelar juara, Juergen Klopp punya sedikit pengalaman menarik, pernah batal dikontrak oleh sebuah klub bola. Bukan gagal karena pada sikapnya yang selalu tempramen, menggebu-gebu kala tim asuhannya sedang bermain. Tetapi pada gaya tampilan dan kebiasannya yang seringkali merokok di luar lapangan.

Kisah itu terjadi di tahun 2008 ketika ia diincar oleh klub Jerman, Hamburger SV. Setelah kontraknya berakhir sebagai pelatih di Mainz. Dilansir dari media sepakbola luar bahwa Hamburger SV sudah mengintai Klopp sejak lama untuk menjadi pelatih di klub tersebut. Tak tanggung-tanggung, klub tersebut mengintai secara ekstensif, tentang taktik sang pelatih, cara latihan, dan gaya memerintahnya di pinggir lapangan.

Setelah dilakukan pengamatan, hasilnya klub tersebut mengurungkan niatnya untuk merekrut Klopp. Bukan perihal kemampuan melatih. Tetapi dari pengakuan Hamburger SV bahwa Klopp adalah tipikal pelatih yang sering memakai celana robek dan merokok.

Hasilnya, banyak beragam komentar yang mengatakan bahwa keputusan tersebut sangat disayangkan. Bagaimana tidak, jika saja klub yang kini berkompetisi di Bundesliga 2 itu tidak mempersoalkan gaya tampilan dan kebiasaan dari sang pelatih, mungkin nasib klub tersebut lumayan bagus.

Ya, buktinya setelah ia gagal digaet Hamburger SV, dan memilih menahkodai klub Jerman yang lain, yaitu Borussia Dortmund, hasilnya Die Borussen mendapat torehan prestasi baik di dalam liga maupun di kancah eropa.

Kini Juergen Klopp telah mencatat sebagai pelatih yang berhasil menuntaskan puasa gelar Liverpool selama 30 tahun di kasta tertinggi Inggris. Bahkan ia kerap disandingkan dengan pelatih legenda Liverpool, Bill Shankly yang berhasil mencatat banyak history kemenangan dan trofi.

Atas kehebatan karirnya selama ini kita bisa yakini bahwa tidak selamanya penampilan dan kebiasaan merokok itu diidentikan dengan hal yang buruk. Juergen Klopp telah memberi bukti sebagai manajer yang nyatanya tetap tampil gemilang, membawa torehan baik untuk klub sepakbola yang ia selama ini asuh.

Komentar Anda
Category : Artikel
Tags :