Kenapa Bungkus Rokok Mild Kebanyakan Warna Putih?

Yang menjadi pertanyaan Roki akhir-akhir ini adalah, kenapa bungkus rokok mild identik dengan warna putih? Mulai dari Djarum Super MLD, Djarum Black Mild, LA Ice, Sampoerna A Mild, Star Mild hingga Class Mild.

Roki hanya bisa berasumsi dan menduga-duga. Sebab, ketika pertanyaan ini dilontarkan kepada perokok, belum tentu juga jawabannya benar. Toh, tampaknya semacam ada connection bahwa rokok Mild harus berwarna putih.

Baca Juga: 5 Tingkatan Orang Merokok Berdasarkan Pengeluaran

  1. Nikotin dan Tar Rendah

Putih adalah suci. Walaupun demikian, tidak semua yang suci pasti putih. Lalu, apakah rokok Mild yang identik dengan warna putih adalah rokok suci? Tentu pertanyaan seperti itu butuh diskusi khusus. Apakah berarti jika suci, nikotin dan tar berwujud angka 0?

Tidak seperti itu juga. Yang pasti, kadar nikotin dan tar pada rokok Mild memang rendah. Rata-rata di bawah atau sama dengan 15 mg. Misalnya, Sampoerna A Mild dengan nikotin 1 mg dan tar 14 mg. Kemudian Djarum Super MLD dengan nikotin 1 mg dan tar 15 mg.

Pada produk lain seperti Class Mild juga memiliki persamaan. Nikotinnya 1 mg dan tar 14 mg. Berbeda dengan LA Ice. Bahkan, baik tar dan nikotin, tergolong lebih rendah daripada ketiganya. Nikotinnya hanya 0,8 mg sedangkan tar 12 mg.

  1. Cepat Habis saat Diisap

Apa hubungannya dengan cepat habis dan warna putih? Lagi-lagi, Roki hanya berasumsi. Sebab, kebanyakan rokok Mild memang cepat habis saat diisap. Maka, rokok ini menjadi favorit bagi pekerja kantoran.

Pekerja yang menunggu angkutan umum atau ojek daring. Mereka bisa menunggu sambil menghabiskan satu batang. Waktu yang dibutuhkan pun hanya beberapa menit.

  1. Mild Itu Elegan

Bisa jadi alasan ketiga ini lebih masuk akal. Ketika melihat orang yang berpakaian warna putih, kesan pertama yang dimunculkan adalah elegan. Maka, ini alasan utama yang menyebabkan rokok Mild berwarna putih.

Tiga alasan tersebut memang bukan menjadi patokan utama. Sebab, ini memang butuh penelitian yang lebih mendalam. Kalo mau tidak sekadar asumsi, Roki perlu bertanya kepada pabrik rokok yang mengeluarkan mild. Sehingga paham kenapa bungkus rokok mild berwarna putih. Lain kali saja, ya.

Baca Juga: Satgas KTR Tak Boleh Mengurung Hak Perokok

Komentar Anda