Kendalikan Bau Rokok Sebelum Dicap Negatif

Jika ada satu hal yang dibenci oleh kaum antirokok, barangkali mereka bingung menyebutkannya. Sebab, bagi mereka, apa yang dilakukan oleh perokok pasti salah. Padahal, gak perlu jadi kaum antirokok, terkadang ada satu hal yang tidak disukai dari perokok. Bau rokok.

Terkadang, bau rokok memang menyebalkan bagi sebagian orang. Bagi yang terkena atau bahkan sampai menghirupnya, mereka akan memalingkan muka. Bahkan, tidak jarang mereka akan merasa mual hingga muntah.

Baca Juga: Rokok Klembak: Rokok Klasik yang Punya Aroma Kuat

Tentu saja kejadian seperti itu akan memantik kericuhan. Lalu, stigma yang muncul adalah perokok tidak menghargai keberadaan orang yang tidak merokok. Sudah asapnya beterbangan, eh ini masih ditambah bau yang tidak keruan. Alhasil, perokok layak dimusnahkan pun menjadi tujuan yang langgeng bagi antirokok.

Bau Rokok yang Mengganggu

Seharusnya, sebagai perokok yang mengedepankan adab, ada baiknya meminta izin kepada orang di sampingnya. Apakah mereka merasa terganggu atau tidak. Kecuali jika kamu sedang merokok di ruang merokok. Tanpa izin pun, mereka sudah paham bagaimana, sih, bau orang merokok.

Ketika mereka merasa terganggu, ada baiknya kamu menyingkir sejenak. Atau jika tak terlalu terburu-buru ingin merokok, pindah ke tempat yang agak jauh. Yang sekiranya, bau rokok tersebut tidak sampai ke orang-orang di sekitarnya.

Maka, sebagai perokok santun, kamu harus pandai memilih. Mana waktu yang tepat untuk merokok. Selain itu, mana pula ruangan atau area yang boleh merokok dan yang tidak boleh merokok.

Apabila kamu santun di hadapan orang yang tidak merokok, ada asas saling menghargai dan menghormati. Sehingga mereka tidak memiliki stigma yang buruk terhadap perokok. Bukankah selama ini kita memang perlu menunjukkan bahwa orang merokok itu baik?

Maka, andai kamu tahu bahwa bau rokok itu tidak enak, ada baiknya kamu perlu mencari alternatif agar bau menjadi segar. Minum air putih, makan buah atau makan permen. Nah, setelah itu, baru kamu bisa mengajak mereka untuk mengobrol.

Baca Juga: 3 Perbedaan Lintingan Rokok dan Lintingan Ganja

Sehingga, obrolan pun mengalir, dan baik kedua belah pihak sama-sama nyaman. Bukankah yang kita cari selama ini adalah kenyamanan?  

Komentar Anda
Category : Artikel