rokok klobot

Mengenal Beragam Jenis Pembungkus Rokok

Pernah dengar klobot? Atau, kawung? Mungkin jenis rokok yang barusan begitu asing di telinga para perokok, khususnya yang tinggal di perkotaan. Wajar, sebab rokok yang didistribusikan ke daerah perkotaan sebagian besar adalah kretek mesin dan kretek tangan. Jadi hanya dua jenis itulah yang akrab di telinga kita.

Padahal, andai saja kita mau menyempatkan waktu dan tenaga untuk ingin tahu lebih banyak tentang jenis rokok. Ada beragam jenis yang barangkali hanya ada di indonesia. Kita patut bersyukur bahwa leluhur kita mewariskan budaya olahan tembakau yang begitu beragam.

Jenis-jenis rokok dapat kita bedakan berdasarkan dari bahan pembungkusnya, isinya, proses pembuatan, hinga pada penggunaan filter. Tapi, untuk kali ini kita akan mencoba mengenal lebih jauh tentang jenis rokok berdasarkan bahan pembungkusnya.

  • Klobot

Klobot merupakan rokok khas indonesia. Alasan dinamakan ‘klobot’ karena jenis ini dibungkus dengan kulit jagung. Proses pembuatannya pun dilakukan dengan cara manual di linting menggunakan tangan. Pada masanya, rokok ini begitu popoler. Sebagian besar masyarakat begitu menikmati kloboy. Keunggulan penggunaan kulit jagung membuat rokok tak mudah sobek dan mati. Asap yang dihasilkan pun tebal.

  • Kawung

Rokok kawung dibungkus dengan menggunakan daun aren, itu sebab rokok ini disebut kawung alias ‘aren’. Ada yang berbeda dari kawung. Beberapa masyarakat beranggapan bahwa rokok ini bisa menyehatkan. Bahkan kepercayaan lain membuat rokok ini sering digunakan sebagai sarana pengobatan. Mereka percaya, sejak zaman leluhur daun kawung yang ‘dirokok’ berkhasiat untuk menyembuhkan dan mengurangi resiko penyakit asma.

  • Sigaret

Produk jenis ini sangat mudah ditemukan ketimbang jenis lain. Rokok ini menggunakan kerta sebagai alat pembungkusnya. Cara pengolahannya ada yang menggunakan mesin maupun manual. Jenis ini sangat diminati di pasaran.

  • Cerutu

Produk yang satu ini menggunakan fermentasi daun tembakau utuh yang digunakan sebagai alat pembungkusnya. Produk tembakau ini sangat tebal dan panjang. Beberapa perokok jenis ini seringkali menyisakan rokoknya untuk di hisap di lain waktu. Negara kuba dikenal sebagai penghasil cerutu terbaik. Bahkan cerutu jadi ikon negara tersebut.

Beberapa jenis rokok diatas tentu patut anda coba. Anda akan menemukan sensasi merokok yang berbeda dari biasanya. Kenikmatan khas indonesia akan lebih terasa. Dan patutnya kita bersyukur atas kenikmatan tersebut.

 

Komentar Anda
Category : Artikel
Tags :