Mengenal Kertas Rokok alias Papir

Salah satu bahan rokok selain tembakau adalah kertas atau papir. Dalam industri rokok, papir ini sifatnya vital dan sangat penting mengingat bahan baku tersebut jarang mendapat sorotan kalangan perokok. Sebuah citarasa rokok ditentukan oleh jenis tembakau, cengkeh dan kertas yang membungkus racikan sebatang rokok.

Sebagian perokok memiliki fanatisme tertentu pada jenis rokok pabrikan. Tapi bagi kalangan tingwe yang gemar melinting sendiri, kegemaran meracik tembakau, cengkeh dan kertas papir merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Masing-masing pabrikan memiliki ciri khas sendiri seperti ketebalan, tekstur dan aroma (tawar & manis).

Baca Juga: Mengenal Papir Sebagai Kertas Rokok yang Memiliki Sisi Historis  Menarik

Sebagai perbandingan sederhana, contohnya kertas Gudang Garam Surya dengan kertas Aroma Bold. Pasti akan ditemui aroma rokok yang berbeda, selain karena racikan isiannya. 

Setiap lini produk, pabrik rokok memiliki standar papir yang berbeda-beda. Pabrikan rokok menetapkan standar tersebut agar merk atau brand mereka tidak mengalami perubahan kualitas. Maksudnya adalah ketika suaru jenis rokok tertentu dibakar, akan menghasilkan citarasa khas antara satu brand dengan brand yang lain. Sederhana saja, bahan baku kertas pembuatannya berbeda.

Kertas Rokok yang Perlu Kamu Ketahui

Secara umum, kertas rokok dapat dibagi menjadi dua, yaitu kertas rokok tawar dan kertas rokok manis. Untuk dapat membedakannya, biasanya terdapat di keterangan pembungkus kertas rokok, atau dapat pula dijilat sedikit saja pada salah satu sisi kertas rokok. 

Jenis kertas papir tawar, salah satu merk yang terkenal adalah merk Mars Brand. Kertas Mars Brand terbilang lebih tipis jika dibandingkan dengan jenis kertas-kertas rokok merk lainnya. Jenis lainnya juga ada, seperti Mascotte.

Papir manis, memiliki tingkat ketebalan yang sedikit lebih tebal dibandingkan dengan jenis kertas tawar. Kadar chlorine yang dikandungnya juga lebih tinggi dibandingkan kertas  tawar. Beberapa merk papir manis merupakan merk yang sudah lama dikenal, di antaranya Cap Wayang, Cap Ramayana, Cap Kepala Jago, Cap Sinden dll. 

Kertas rokok merupakan bahan olahan yang terbuat dari zat selulosa dan menggunakan chlorine agar warna putih kertas papir tidak pudar dan kusam. Rokok yang sudah kusam biasanya terjadi karena adanya kontaminasi dengan udara luar ditambah dengan tingkat kelembaban udara. Zat selulosa tadi merupakan olahan dari pulp (bubur kertas) sebelum menjadi lembaran-lembaran kertas rokok.

Baca Juga: 3 Perbedaan Lintingan Rokok dan Lintingan Ganja

Jenis produk tembakau yaitu cerutu menggunakan bahan baku kertas pembungkus yang lain dari rokok kretek. Kertas yang digunakan dalam sebatang cerutu dibuat dari daun tambakau yang diproses. Kertas tersebut dinamakan HTL (Homogenized Tobacco Leaf). 

Komentar Anda
Category : Artikel