pabrik-rokok

PT Djarum Dijadikan Percontohan Perusahaan di Masa Pandemi

Sudah hampir tiga bulan wabah corona menyelimuti negeri ini. Setiap warga diminta untuk bekerja dari rumah. Namun berbeda dengan industri rokok yang seluruh karyawannya tetap aktif, memproduksi rokok setiap harinya.

Kita tau juga bahwa pusat industri rokok Indonesia terdapat di Jawa Tengah. Demi menstabilkan perekonomian di provinsi tersebut Ganjar Pranowo, selaku Gubernur Jawa Tengah nyatanya bersikap kooperatif. Mendukung langkah industri rokok agar tetap aktif bekerja walau sedang di masa pandemi.

Pada Jumat kemarin, 15 Mei 2020 ia coba berkunjung ke salah pabrikan rokok, PT Djarum Indonesia. Riuh sorak disambut oleh para buruh yang sontak dibalas lambaian tangan olehnya, sembari memasuki area tersebut ia pun sesekali buka obrolan singkat kepada para buruh. Namun dengan keadaan saat itu para buruh malahan justru tidak meminta selfie kepada orang nomor satu di Jawa Tengah.

Mereka yang pada saat itu tengah mengantre pergantian shift tetap melaksanakan prosedur yang telah ditentukan yaitu tetap berbaris masuk dengan jarak satu meter. Tak hanya melihat proses pergantian shift di luar pabrik, ia juga turut menengok keadaan di dalam perusahaan tersebut.

Ternyata Djarum sudah menata sedemikian rupa secara baik kepada para buruh, tentang protokol serta physical distancing. Mulai dari area duduk yang berjarak (tempat duduk karyawan diatur, tidak berdekatan dan berhadapan), penggunaan masker hingga disediakannya alat pembersih tangan. Serta agar tidak terjadi penumpukan karyawan, diberlakukan pula pembagian shift dengan tetap berjaga jarak.

Menurut Ganjar, bahwa Djarum bisa dijadikan contoh sebagai salah satu pabrikan rokok yang telah sukses menerapkan protokol dengan baik. Hampir kurang lebih 50.000 karyawan selalu dipantau dan tetap mengikuti anjuran yang diberlakukan oleh perusahaan.

Ke depan ia pun berharap bahwa perusahaan rokok lain, di sekitaran Jawa Tengah mau mengadopsi pola kerja dan aturan yang diberlakukan dari PT. DJarum. Setidaknya itu merupakan cara terbaik untuk meminimalisir penyebaran virus corona adalah dengan menerapkan sebaik-baiknya physical distancing dan protokol kesehatan secara ketat.

Komentar Anda
Category : Artikel
Tags :