harga rokok

Ragam Cara Menyiasati Kenaikan Harga Rokok Tahun Depan

Walaupun menyebalkan, mau tidak mau kita dihadapkan pada kenyataan bahwa terhitung pertanggal 1 Januari 2020, cukai naik di angka rata-rata 21,55. Kebijakan ini bukan hanya menyengsarakan para perokok, tapi secara luas juga menyengsarakan orang-orang yang menggantungkan nasib di industri ini. Agaknya pemerintah lupa, bahwa niatnya untuk mengurangi angka perokok justru malah menyiksa perlahan nasib orang-orang kecil yang terlibat di industri rokok.

Kenyataan harga rokok yang makin mahal tahun depan adalah hal yang harus diterima. Tapi, para perokok tak perlu meratapi hal tersebut. Bahwa ada banyak cara yang barangkali bisa dilakukan para perokok untuk menyiasati harga rokok yang kian mahal.

rokok murah

Misalnya, jika selama ini yang dikonsumsi adalah rokok-rokok jenis premium, kita bisa beralih untuk mengonsumsi jenis rokok kelas menengah. Ya walaupun rokok kelas menengah akan tetap naik harganya tahun depan, namun harganya masih dibatas wajar untuk dibeli. Beralih jenis konsumsi rokok memang sulit. Apalagi kalau anda sudah benar-benar sreg dengan satu jenis rokok. Tapi, hanya perlu adaptasi kok untuk mulai terbiasa.

Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah beralih cara ke budaya melinting sendiri alias tingwe. Cara tradisional ini bisa jadi opsi menarik yang anda bisa pilih. Sebab, kita bisa ‘merakit’ sendiri rokok yang kita ingin isap. Kita bisa memilih jenis tembakau yang kita inginkan dan juga menakar sendiri kadar cengkehnya. Menyenangkan bukan? Ini juga bisa melatih kesabaran dan keluwesan kalian loh. Dan yang paling terpenting, opsi ini membuat anda lebih hemat.

tembakau iris tingwe

Nah, opsi ketiga ini barangkali jadi opsi paling realistis untuk tetap bisa menikmati rokok kesukaan anda walaupun harganya nanti terbilang mahal. Yaitu dengan cara bekerja lebih giat lagi untuk menambah penghasilan. Tak ambil pusing dengan kebijakan yang ada.

Beberapa cara diatas bisa kalian pilih sebagai upaya paling mungkin yang bisa dilakukan untuk menyikapi kebijakan kenaikan harga rokok. Walaupun terhitung tahun depan harga rokok melambung tinggi, jangan sampai itu jadi alasan kita untuk beralih ke rokok Ilegal tanpa cukai, ya. Sebab, cara itu sama saja kita mendukung upaya pelanggaran hukum. Kita harus tetap jadi perokok yang taat hukum, dan juga santun.

Komentar Anda
Category : Artikel
Tags :