Rokok Tidak Sama dengan Narkoba

Ada dua hal yang berbeda antara rokok dan narkoba. Pertama, rokok adalah barang legal. Barang yang diakui oleh negara dan boleh dikonsumsi oleh orang-orang dengan syarat dan ketentuan berlaku. Sedangkan narkoba, tidak. Sudah barang ilegal dan tidak diakui negara. Sebab, mengancam kemaslahatan hidup orang-orang. Kedua, negara memberi aturan terhadap rokok. Contohnya, cukai rokok. Sedangkan narkoba, tidak.

Baca Juga: SKT Tidak Naik, Pemerintah Pro IHT?

Dari kedua contoh di atas bisa terlihat dengan kentara bahwa ada perbedaan yang cukup jauh antara rokok dan narkoba. Sehingga, apabila ada yang menyamakan keduanya tentu sangat aneh. Jika pun ada, atas dasar apa ingin menyamakan keduanya? Apakah tidak pernah tahu perbedaannya? Atau sudah tahu, tetapi memang sengaja menyamakannya?

Rokok Bukan Narkoba

Keduanya dianggap sama karena memiliki zat adiktif. Padahal, itu keliru. Jika narkoba memang memiliki zat adiktif, sedangkan produk yang membantu penerimaan negara cukup banyak, bukan. Bahkan, narkoba cenderung memberikan efek sakaw. Efek yang membuat pemakainya ketagihan. Jika tidak dipakai, badan akan sakit.

Yang lebih berbahaya, pemakainya bisa dipaksa untuk mencari atau mengambil dana dengan berbagai cara agar tetap menggunakannya. Ini bisa berujung tindakan kriminal. Tambahan lagi, kamu tentu tahu, kan, bagaimana situasi dan kondisi hukum ketika pemakai narkoba tertangkap oleh pejabat berwenang. Sudah pasti hukumannya berlipat. Jika pengedar, dimasukkan ke penjara. Jika pemakai, dimasukkan ke panti rehab.

Nah, sedangkan rokok, justru tidak. Jika tidak memakainya pun tidak apa-apa. Paling hanya timbul rasa asam di mulut. Toh, itu bukan masalah. Jika jadi masalah, mana mungkin perokok bisa bertahan lama saat puasa? Jika mengandung zat adiktif, perokok akan meninggalkan puasanya atau bahkan tidak berpuasa.

Orang yang merokok hanyalah masalah kebiasaan saja. Tidak merokok dalam waktu lama pun sebenarnya tidak menjadi masalah. Jadi, akan sangat aneh apabila produk ini dikaitkan dengan jalan masuk menuju narkoba. Waduh, salah alamat, nih.

Baca Juga: 3 Mitos Perempuan Merokok yang Salah Kaprah

Lalu, apakah ada orang yang tidak merokok, tapi menggunakan narkoba? Ada. Contohnya bisa kamu cari di Mbah Google. Jadi, tidak bisa menjadi simplifikasi bahwa merokok adalah sahabat dari narkoba. Sesuatu yang keliru dan perlu untuk diklarifikasi.

Komentar Anda