harga rokok

Strategi Bea Cukai Gempur Peredaran Rokok Ilegal

Peredaran rokok di Indonesia hingga saat ini sangatlah masif. Namun seiring dijualnya rokok di pasaran, tak menutup kemungkinan bahwa masih saja adanya indikasi produk rokok illegal yang disebar oleh sebagian oknum. Bukannya apa-apa, yang namanya illegal sudah pasti merugikan banyak pihak.

Pertama adalah negara yang seharusnya mendapat pemasukan dari pajak cukai yang nyatanya direnggut, dan kedua pada seluruh pabrikan rokok yang omset pendapatannya dipangkas lewat jalur rokok illegal. Di Indonesia meski peredaran rokok ilegal relatif terkendali, namanya peredaran tetaplah sama saja merugikan, walau itu cuma sebesar 7,0% yang berdasarkan dari hasil survei rokok illegal dua tahun silam.

Di tahun ini rencananya survei akan dijalankan kembali oleh pihak Bea Cukai untuk mengetahui seberapa banyak persebaran rokok illegal. Dengan mempertimbangkan berakhirnya masa pandemi Covid-19. Yang kala itu dibahas dalam rapat ‘kick off operasi gempur 2020’.

Pembahasan tersebut membicarakan juga tentang tantangan di tahun ini yang terbilang cukup sulit dalam meminimalisir penyebaran. Sebab dapat dilihat faktanya di lapangan terkait pengawasan fisik, pemotongan dan pergeseran anggaran DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau) yang dialihkan ke penanganan Covid-19. Dan bila diamati lebih lanjut juga menurut keterangan dari pembahasan tersebut dalam hal pemberantasan rokok illegal, volume persebaran mungkin saja bisa terbilang tinggi karena terkait penurunan volume produksi rokok legal.

Ke depan sosialisasi, pengawasan dan pelayanan adalah komponen penting yang harus makin digencarakan. Terutama dalam urusan mengedukasi masyarakat. Begini, perihal rokok dapat disebut illegal tidak hanya ditentukan oleh pelekatan pita cukai pada bungkus rokok. Rokok bisa jadi illegal dari mulai rokok berlogo khusus kawasan bebas yang diperdagangkan diluar kawasan bebas. Artinya diselundupkan atau digabung dengan barang tertentu yang didistribusikan melalui jalur darat ataupun laut.

Agar bisa meminimalisir lewat peran masyarakat sekitar memanglah penting. Tetapi jauh lebih penting lagi juga pihak Bea Cukai mesti membangun koordinasi ke berbagai instansi yang terkait. Setidaknya dari langkah yang dibangun itu bisa jadi pondasi kokoh agar bagaimana caranya bisa menyetop pergerakan produksi rokok ilegal.

Komentar Anda
Category : Artikel
Tags :