panen tembbakau rokok indonesia

Temanggung Siap Sambut Panen Raya Tembakau 2020

Menuju pertengahan tahun di beberapa daerah penghasil tembakau sudah ada yang mulai menanam maupun mempersiapkan hasil panen. Karena di bulan-bulan ini sangatlah tepat untuk menanam tembakau, melihat dari segi kondisi cuaca serta musim yang kemarau.

Jadinya tembakau akan bisa dipanen dan punya hasil yang bagus. Seperti di salah satu daerah yang berada di Jawa Tengah. Tepatnya di Kabupaten Temanggung, para petani dan masyarakat disana siap sambut panen raya tembakau 2020. Diperkirakan masa panen raya jatuh pada pertengahan bulan Juli hingga Agustus.

Bagi masayarakat setempat disana, menyambut hasil panen adalah sebuah kebiasaan lama yang sering mereka lakukan. Tak heran, karena tembakau adalah komoditas utama bagi mereka. Namun dengan catatan bahwa ada aturan protokol kesehatan yang harus dijalankan.

Mengingat di masa pandemi ini, mau bersuka cita bagaimanapun kita tetap harus berjaga diri, terutama para petani disana yang telah punya kontribusi besar dalam menanam maupun memberi hasil panen hingga optimal. Sebisa mungkin disiplin memakai masker di ruang-ruang publik dan senantiasa cuci tangan pakai sabun.

Menurut yang dikatakan Bupati Temanggung, Muhammad Al Khadziq yang memastikan bahwa masyarakat disana punya tingkat optimistis dan antusiasme cukup tinggi, walau sebagian ada yang merasa dihantui ketakutan pada wabah virus corona. Ia tetap menegaskan kalau itu semua bisa diatasi jika menaati protokol kesehatan dengan baik.

Sebab, melihat angka tingkat positif disana relatif lumayan. Belum lagi Temanggung memperpanjang kembali aturan daerahnya, yaitu Pembatasan Kegiatan Bermasyarakat (PKM) sehingga masyarakat disana harus bisa bersabar, sampai dua minggu ke depan.

Bukan waktu yang lama, perihal menunggu PKM berakhir. Karena kalau waktu tersebut bisa diimbangi dengan kesadaran dan disiplin menjalankan protokol, besar kemungkinan tingkat penyebaran virus corona bisa menurun.

Dan masyarakat dapat menjalani rutinitas kembali seperti sedia kala, serta bisa menyambut panen raya tembakau dengan hati gembira tanpa takut terhadap virus corona. Ia pun juga menambahkan sebuah ajakan untuk mari saling bahu membahu dari mulai petani, pedagang, perajin, dan pihak industri untuk bersama-sama menggarap tembakau.

Semangat yang ditunjukkan oleh segenap masyarakat Temanggung, terutama kepala daerahnya bisa jadi contoh acuan untuk ditiru daerah penghasil tembakau lain. Kita doakan bersama, semoga panen raya tembakau di Temanggung dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan.

Komentar Anda
Category : Artikel
Tags :