tembakau

Tembakau Sebagai Obat Corona

Beberapa hari belakangan dunia dibuat heboh dengan klaim bahwa nikotin mampu melindungi orang dari infeksi virus corona. Hal ini didasari uji coba yang dilakukan di perancis yang tengah berjalan uji lanjutannya. Hasilnya, akan diketahui apakah nikotin dalam tembakau bisa digunakan untuk mencegah atau mengobati virus corona.

Hipotesis ini muncul setelah para peneliti di rumah sakit terkenal Paris memeriksa 343 pasien virus corona bersama dengan 139 orang yang terinfeksi corona dengan gejala ringan. Dari jumlah tersebut, para peneliti menemukan fakta bahwa hanya sedikit dari jumlah pasien tersebut yang merokok, yakni 5%.

Hal ini kemudian menjadi temuan yang kurang lebih serupa dengan hasil riset yang diterbitkan New England Journal of Medicine. Dalam riset tersebut, ditemukan fakta bahwa hanya adan 12,6% dari 1000 pasien terinfeksi corona di Tiongkok yang merupakan perokok. Satu temuan yang menggegerkan dunia.

Selama pandemi corona berlangsung pihak kesehatan yang antirokok mengklaim bahwa perokok lebih rentan terhadap virus ini. Sementara, dengan temuan tadi, klaim tersebut terkesan menjadi  bualan semata yang dilakukan hanya untuk mendiskreditkan rokok serta perokok.

Secara teori, nikotin yang terkandung dalam dapat melekat pada reseptor sel, oleh karena itu menghalangi virus memasuki sel dan menyebar dalam tubuh. Hal ini bukan ungkapan saya loh, melainkan penjelasan dari ahli neurobiologi terkenal Perancis Jean-Pierre Changeux dari Institut Pasteur Prancis yang juga ikut menulis penelitian di atas.

Para peneliti kini sedang menunggu persetujuan dari otoritas kesehatan di Perancis untuk melakukan uji klinis lebih lanjut. Mereka berencana untuk menggunakan nikotin pada petugas kesehatan di rumah sakit Pitie-Salpetriere di Paris – di mana penelitian awal dilakukan – untuk melihat apakah itu melindungi mereka dari tertular virus.

Jika kemudian hal tersebut benar-benar sesuai dengan hipotesis awal mereka, nikotin dapat mencegah atau mengobati virus corona, maka ini menjadi satu bukti baru bahwa rokok atau tembakau punya manfaat dalam kehidupan masyarakat. Toh, saat ini juga para peneliti tengah mengembangkan vaksin corona dari daun tembakau.

Komentar Anda
Category : Artikel
Tags :