THR Buruh Rokok PT Djarum Sudah Cair

Berita baik seharusnya dikabarkan kepada semua pihak. Apalagi jika berita tersebut mampu berdampak ke pihak yang lain. Pada 29/4/2021, Djarum memberikan THR kepada 51.451 buruh. Jika dirinci lebih lanjut, jumlah buruh borong sebanyak 44.559 orang dan jumlah buruh harian sebanyak 6.892 orang.

Tentu saja, itu kabar yang menyenangkan bagi seluruh buruh Djarum. Sebab, bagaimanapun THR adalah sesuatu yang berkah bagi diri pribadi maupun keluarganya. Apalagi datangnya sebelum peraturan Jokowi hadir. Jokowi menargetkan bahwa perusahaan wajib membayarkan THR selambat-lambatnya H-10.

Baca Juga: Walau Pandemi, THR Buruh Rokok Turun Lebih Cepat

Djarum dapat dijadikan contoh sebagai perusahaan yang baik dalam memenuhi hak buruh. Seharusnya, perusahaan-perusahaan lain, terutama rokok, alangkah baiknya mengikuti jejak Djarum.

THR Memang Wajib bagi Karyawan

Rachma Mochtar Kusumasastra selaku Public Affair PT Djarum Kudus mengatakan bahwa tunjangan hari raya perlu didahulukan. Hal ini dilakukan agar para karyawan mampu memanfaatkannya dengan baik dan bijak.

Anggaran THR untuk karyawan Djarum pada tahun ini lebih meningkat. Ini jelas kabar baik. Artinya, Djarum memiliki catatan positif dalam hal pengelolaan keuangan.

Total anggaran untuk tunjangan hari raya sebesar Rp106,17 miliar. Jika dirinci, buruh borong mencapai Rp89,91 miliar dan buruh harian mencapai Rp16,26 miliar. Jika dirinci lebih dalam, setiap buruh mendapatkan Rp2,29 juta.

Yang menarik adalah pembagian dananya. Sebagian ada yang langsung cash, sebagian yang lain ditransfer. Hal ini disebabkan situasi dan kondisi lingkungan yang masih terjerat pandemi. Jika dibagikan pun, para buruh harus melalui protokol kesehatan yang ketat.

Bagi sebagian masyarakat, saat pandemi seperti ini, THR sangat dibutuhkan. Manfaatnya bisa bermacam-macam. Ada yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada pula yang perlu mengirimkan dana ke orangtuanya karena tidak bisa mudik.

Sebagai perusahaan besar dan cukup disegani, Djarum mampu memberikan pemahaman yang baik bagi masyarakat. Jika buruh telah melakukan kewajibannya, harus mendapatkan haknya. Oleh karena itu, sudah seharusnya perusahaan lain meniru perusahaan rokok ini. Jangan sampai ada hak-hak buruh yang tidak diperolehnya.

Baca Juga: Nikotin sebagai Sumber Penghidupan

Komentar Anda
Category : Kabar