Buruh rokok

Walau Pandemi, THR Buruh Rokok Turun Lebih Cepat

Di masa pandemi ini buruh rokok harus tetap siap siaga bekerja dan tidak ada satupun yang dirumahkan. Lantaran mesti memenuhi permintaan konsumen yang selalu datang setiap waktunya, terutama di waktu puasa hingga menjelang lebaran. Namun kabar segar datang ke telinga para buruh karena adanya kenaikan upah THR di tahun 2020.

Walau sedang terdampak wabah yang mendunia, salah satu pihak perusahaan rokok yaitu PT Djarum nyatanya berani bersumbangsih dengan menaikan THR (Tunjangan Hari Raya) sebesar Rp 97,02 miliar kepada 48.118 buruhnya. Secara alokasi dibagikan kepada seluruh buruh harian dan borong, dan itu belum termasuk pada ribuan buruh bulanan. Kenaikan ini diperkirakan bertambah sekitar 1,24 persen dari tahun sebelumnya yang berkisar Rp 95,83 miliar.

Faktor tersebut dipicu dari bertambahnya jumlah pekerja buruh rokok, serta mengikuti UMK (upah minimum kabupaten) Kudus yang tahun ini naik menjadi Rp 2.218.451 dan sekaligus pemberian THR diberikan dalam bentuk upah satu bulan gaji.

Secara pemberian kenaikan THR buruh rokok, tahun ini pun sudah sangat jelas karena mengacu pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 06 tahun 2016 tentang THR Keagamaan. Tidak ada juga kesenjangan antara karyawan ter-PHK, sakit, atau buruh cuti hamil, sebab dapat dipastikan bahwa mereka semua mendapatkan satu bulan gaji.

Pemberian gaji dari PT. Djarum pun dibagikan lebih awal. Tujuannya supaya para buruh dapat dengan tenang, bisa berbelanja stok bahan pangan serta memenuhi kebutuhan lain. Secara pembagian THR nya mengingat bahwa tahun ini sedang dilanda Covid 19, pihak perusahaan menerapkan protokol sebaik mungkin. Seperti wajib cuci tangan dengan sabun, pakai masker dan jaga jarak. Jam kerja pun diatur sedemikian rupa yang terbagi dalam dua shift, sehingga gaji THR dapat didistribusikan secara merata.

Ini merupakan bukti nyata akan penjaminan hak buruh di tengah pandemi corona, dengan membagikan gaji THR yang sampai-sampai naik di tahun ini. Kita doakan semoga para buruh rokok di perusahaan lain mendapatkan jaminan serupa.

Komentar Anda
Category : Artikel
Tags :